Tuesday, March 17, 2015

Usia Juga Memengaruhi Lidah Kita

Penelitian menunjukkan indra perasa kita berubah seiring bertambahnya usia.

Usia Juga Memengaruhi Lidah KitaIlustrasi lidah (Thinkstockphoto)
Usia memengaruhi lidah kita. Ketika kecil kita umumnya tidak suka zaitun, ikan dan keju. Namun itu berubah ketika menginjak usia 20-an.
Penelitian menunjukkan indra perasa kita berubah seiring bertambahnya umur. Mengapa usia memengaruhi lidah kita? Semakin tua, maka semakin banyak rasa yang bisa dirasakan. Survei menunjukkan umur rata-rata manusia adalah 22 tahun ketika mulai merasakan pelbagai rasa yang rumit seperti keju dari susu domba dan alpukat.

Ada 20 rasa yang diperkirakan rumit dan mampu diterima mereka yang berusia 20 tahun ke atas. Ini menjelaskan kenapa makanan anak kecil umumnya tidak punya rasa yang kaya.
Hasil survei juga menunjukkan remaja baru menikmati rasa kare di usia mereka yang belasan dan sayuran baru dirasakan enak ketika berusia 21 tahun.
Survei mengenai usia memengaruhi lidah kita diadakan pada 1950 orang dewasa di Inggris. Perusahaan Butterkist melakukan survei ini. Secara biologis memang jumlah perasa di lidah kita akan berkurang sehingga makanan yang memiliki rasa yang rumit bisa lebih dinikmati.

No comments:

Post a Comment