Tuesday, March 17, 2015

Sungai Nil, Sungai Terpanjang yang Membelah 9 Negara

Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia, panjangnya mengalahkan sungai Amazon yang terdapat di Amerika. Panjang Sungai Nil ini mencapai 6.650 kilometer. Sungai Nil ini mengalir dan membelah sembilan negara, negara tersebut ialah Ethiopia – Zaire – Kenya – Uganda – Tanzania – Rwanda – Burunda – Sudan – Mesir.
Nama Sungai Nil ini berasal dari nama Semit “Nahal” kemudian diubah menjadi “Neilos” yang memiliki arti lembah sungai. Sungai Nil ini identik dengan Mesir, walaupun sebenarnya sungai ini pun membentang sampai ke Afrika. Yang membuatnya identik dengan Mesir karena sebanyak 22% air sungai ini mengalir di beberapa kota di Mesir yakni kota Kairo, Aswan, Gondokoro, Khartoum, Karnak, Thebes dan Alexandria.



Mata air Sunagi Nil ini berasal dari wilayah danau di Rwanda dan Burundi guys.. Sumber mata air tersebut kemudian mengalir hingga ke Danau Victoria.
Orang Mesir yang tinggal di sekitar Sungai Nil menyebut sungai terpanjang di dunia ini sebagai “sungai kehidupan” karena telah berperan penting dalam kehidupan dan peradaban di Mesir. Sungai Nil mampu menghasilkan tanah yang subur akibat hasil sedimentasi di sepanjang aliran sungainya. 

Tanah yang subur ini membuat penduduk Mesir bisa mengembangkan lahan pertanian untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Spesies buaya mendominasi kehidupan dalam air Sungai Nil.
Sungai Nil Biru dan Nil Putih
Sungai Nil ini pun diketahui memiliki dua anak sungai yakni Sungai Nil Biru dan Sungai Nil Putih. Sungai Nil Putih tampak berwarna keputihan jika dilihat dari permukaannya, hal ini disebabkan karena adanya lumpur berwarna putih yang tersebar di sekitar anak sungai Nil Putih. Sungai Nil Biru dan Sungai Nil Putih mengalir ke bawah dari pegunungan Etiopia Utara.
Banjir Tahunan Sungai Nil
Akibat hujan musiman yang melanda Sungai Nil, setiap tahunnya sungai ini [un mengalami banjir tahunan yang membanjiri bantaran sungai yang di dalamnya terdapat desa-desa pertanian warga. Maka dari itu pemerintahan setempat membendungan bendungan Aswan yang terletak di kota Aswan guna mencegah air banjir yang masuk secara berlebihan.
Namun, banjir tahunan ini tak sepenuhnya memberi kerugian terhadap warga guys.. Justru banjir ini mendatangkan keuntungan karena membawa lumpur-lumpur yang subur untuk menyuburkan lahan pertanian warga. Sebagai negeri yang jarang mendapatkan hujan, kedatangan banjir ini menjadi salah satu andalan warga untuk menyuburkan lahan pertanian.
Objek Wisata
Selain bisa melihat betapa menakjubkannya Sungai Nil, kalian pun bisa melihat objek-objek wisata menarik yang ada di Mesir. Hmm apa aja ya objek wisata menarik yang ada di Mesir ini?
–        Pyramid of Giza and the Sphinx



unduhan
Pyramid of Giza and the Sphinx
Objek wisata yang paling banyak diburu wisatawan ketika berkunjung ke mesir adalah melihat kemegahan dan keindahan Pyramid Giza dan Patung Sphinx yang bertubuh kucing namun berwajah seorang manusia. Kedua bangunan ini dibangun pada zaman Mesir Kuno. Di dalamnya terdapat makam para raja Mesir terdahulu. Pyramid of Giza masuk ke dalamtujuh keajaiban dunia.
–        Egyptian Museum
unduhan (1)
Egyptian Museum
Museum yang terletak di Midan Tahrir ini memiliki nama lain Museum of Egyptian Antiquities. Di museum ini kalian bisa melihat berbagai artefak-artefak yang memiliki nilai sejarah dan harga yang tinggi.
Menuju Sungai Nil
Untuk bisa melihat keindahan Sungai Nil, anak backpacker bisa melihatnya dari salah satu kota yang dilewati sungai ini, Kairo misalnya. Dari Kairo anak backpacker bisa menumpang Micro Bus atau Free Shuttle Bus.

No comments:

Post a Comment