Sunday, January 11, 2015

HIDUNG

Hidung merupakan salah satu indera manusia yang berharga. Dengan hidung, Anda dapat mencium berbagai macam aroma, dari bau hingga wangi, dan mencium aroma makanan juga. Selain itu, hidung juga berfungsi untuk bernafas.

Bagian hidung manusia dan fungsinya Bagian hidung manusia dan fungsinya

Lubang hidung
Setiap manusia mempunyai dua lubang hidung secara normal, di mana lubang hidung tersebut berhubungan dengan rongga hidung. Dalam rongga hidung ada rambut hidung dan juga terdapat selaput lendir, fungsinya yaitu untuk menahan berbagai kotoran yang masuk dalam hidung, tepatnya pada waktu bernafas. Jika terjadi kecelakaan fatal yang mengakibatkan lubang hidung menjadi kurang terbuka, akan mengakibatkan seseorang kekurangan oksigen sebab kesulitan bernafas, oleh karena itu biasanya dilakukan bedah plastik.


Rongga hidung
Yang kedua setelah lubang hidung, akan ada rongga hidung (seperti yang sudah dibahas di atas), rongga hidung sendiri memiliki fungsi paling unggul dalam saluran pernafasan manusia. Rongga hidung memanjang hingga bagian nasofaring. Rongga hidung seseorang terbagi dalam 3 wilayah yaitu ruang depan, daerah penciuman dan daerah pernafasan.
Wilayah penciuman berada pada puncak dari rongga hidung. Dan dilapisi dengan sel penciuman dan reseptor penciuman.
Selanjutnya wilayah pernafasan, wilayah ini pada rongga hidung adalah bagian yang paling besar, dilapisi dengan epitel bersilia psudeostratified. Dan di dalam epitel diselingi dengan sel goblet mukus.
Yang terakhir pada rongga hidung terdapat vestibulum yang mengacu ke daerah sekitar pembukaan eksternal sampai dengan rongga hidung manusia.


Sel saraf pembau
Alasan mengapa seseorang dapat merasakan bau-bauan atau wangi-wangian adalah karena terdapat sel saraf pembau pada indera penciumannya. Sel saraf di hidung bertugas dalam menangkap zat kimia yang terdapat dalam udara. Untuk Anda ketahui, sel saraf pembau mempunyai rambut halus, di mana rambut halus ini berhubungan ke urat saraf, dan juga bersatu menjadi saraf penciuman menuju otak. Saraf pembau di hidung manusia berada pada bagian selaput lendir yang ada di kerang hidung atas, permukaan hidung tengah dan rongga hidung atas.


Sinus
Bagian dari hidung manusia berikutnya yaitu sinus. Sinus adalah 4 buah rongga yang mempunyai letak berbeda di sekitar daerah hidung. Sinus berada pada bagian rongga samping dan atas dari hidung, dan sudah terbentuk sejak pertama kali seseorang dilahirkan. Sementara pada bagian dahi rongga, sinus tidak muncul hingga seseorang mencapai umur 7 tahun.


Tulang rawan
Anda mungkin pernah melihat acara olahraga tinju di televisi, dan mengapa peraturan tinju melarang orang untuk meninju pada daerah hidung. Ini karena hidung terbentuk dari kumpulan tulang rawan, yang lentur, sehingga harus dilindungi. Tulang rawan juga memiliki nama lain kartilago.


Pemisah (septum)
Di dalam hidung manusia, juga terdapat septum. Septum adalah pemisah hidung menjadi 2 buah rongga, yang terbentuk membentang mulai dari lubang hidung hingga tenggorokan bagian belakang.

No comments:

Post a Comment