Sunday, January 11, 2015

Apa Beda TOEIC dan TOEFL ?

Singkatan
Ini jelas beda lah ya. TOEIC (Test of English for International Communication), sedangkan TOEFL (Test of English as a Foreign Language). 

Tujuan
TOEIC: mengukur kemampuan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi di lingkungan global.
TOEFL: mengukur kemampuan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam proses pendidikan. 

Fokus
TOEIC: Bahasa Inggris yang kita gunakan sehari-hari, seperti membaca memo, menerima telepon, mengirim email, dll.
TOEFL: Bahasa Inggris yang digunakan di kampus, seperti antara mahasiswa dan dosen di kelas, mahasiswa dan staf kampus, antar mahasiswa. Temanya total/pure/menyeluruh hanya tentang dunia kampus
Ini juga yang bikin saya heran, kenapa sampai dulu Pak Mentri mewajibkan pegawainya ikut tes TOEFL, padahal, mereka tidak akan menghadapi situasi yang diujikan di TOEFL, kecuali mereka mau dikirim ke luar negeri buat kuliah. Ah, kalau saya jadi salah satu pegawainya dulu, saya bakal GR, curiga si Bapaknya mau ngirim saya ke luar negeri.  Hihihi…. (baca: ketawa geli kayak ringtone anak kecil lagi ketawa, bukan kayak suara Mak Lampir :p) 

Kegunaan
TOEIC: untuk dasar rekrutmen perusahaan, dasar pengukuran kemampuan bahasa Inggris perusahaan, digunakan pre and post training untuk mengukur perkembangan kemampuan setelah training (training bahasa Inggris ya, tentunya, bukan training komputer).
TOEFL: untuk aplikasi beasiswa atau mendaftar kuliah ke luar negeri. 

Format
TOEIC: Paper Based (menggunakan pensil dan lembar jawaban komputer - pake penghapus karet juga ding)
TOEFL: Internet Based (menggunakan komputer dengan koneksi internet) 

Skor
TOEIC = 10 - 990
TOEFL= 0 - 120
WHAT?? Yes, dear. Skor TOEFL yang ada di Indonesia sekarang udah 0 - 120. Nah, itu dia, saya lagi-lagi heran sama Bapak Mentri kita, yang kasih standar skor masih pake standar skor TOEFL lama. Lha wong dari 2005, TOEFL PBT (yang skornya 500an itu) sudah dihapuskan dari Indonesia dan diganti jadi TOEFL iBT (yang skornya 0-120), ini kok masih ngomongin skor TOEFL jadul. Bapaknya gak move on deh :D
Kalo bahas ini bakalan panjaaaaaaaang banget. Insya Allah akan saya bahas next time tentang perubahan dari TOEFL PBT ke iBT beserta perubahan skornya. Dan FYI, di luar negeri, TOEFL PBT juga sudah dihapuskan, kecuali di negara-negara yang minim akses internet, seperti Palestina. Di Palestina saja, tinggal di Jalur Gaza yang menggunakan PBT.

No comments:

Post a Comment