Sunday, March 22, 2015

Macam-macam batuan

Pernahkah anda melihat telur rebus yang sudah dibelah? Bagaimana ketampakannya? Lapisan apa saja yang ada di dalam telur rebus tersebut? Sama dengan telur, lapisan bumi tempat tinggal kita juga mempunyai lapisan-lapisan, mulai dari permukaan bumi sampai ke dalam bumi. Kulit bumi disebut juga litosfer. Litosfer adalah lapisan kulit bumi paling luar yang berupa batuan padat.kulit bumi mempunyai ketebalan yang tidak merata antara kulit bumi bagian daratan dan bagian bawah samudra, di mana kulit bumi di bagian benua atau daratan lebih tebal daripada di bawah samudra.bumi terdiri dari lapisan-lapisan.berikut lapisan –lapisan bumi yang dimaksud.

Batuan penyusun permukaan Bumi

Coba amati lingkungan yang ada di sekitar anda! Sumber daya alam apa saja yang bada di lingkungan anda? Di manfaat kan untuk apa saja sumber daya alam itu tersebut? seperti yang kita ketahui bumi banyak menyimpan sumber daya alam, baik yang terdapat di muka bumimaupun di dalam bumi untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Permukaan bumi itulah yang disebut dengan litosfer.selain sebagai tempat tinggal berbagai mahkluk hidup,litosfer ternyata juga menyeiakan berbagay jenis sumber daya alam. tumbuh-tumbuhan, pasir, bahkan bahan galian seperti batu bara,minyak bumi, emas, serta perak banyak di temukan dalam lapisan litosfer. Di permukaan litosfer kita juga dapat menemukan berbagai jenis batuan.batuan-batuan tersebut banyak dimanfaatkan manusia untuk bahan bangunan, bahkan ada juga yang dibuat perhiasan. batuan yang ada di muka bumi tidak terbentuk dengan sendirainya.akan tetapi,melalui peruses yang sangat panjang dari dalam bumi dan mengalami perubahan bentuk.


Batuan dan mineral penyusun kerak ini di peroleh dengan cara penambangan.banyak batuan dan mineral ditemukan jauh di permukaan bumi,tetapi ada juga beberapa yang ditemukan dekat permukaan bumi.

Batuan merupakan benda alam yang menjadi penyusun utama lapisan litosfer. yang dimaksud batuan bukan lah benda yang keras saja seperti yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, melainkan juga dalam bentuk tanah liat, abu gunung api, pasir, kerikil, dan sebagainya. litosfer tersusun dari tiga macam batuan,yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.


a. batuan beku (igneous rock)


batuan beku atau ignouse rock adalah batuan hasil pembentukan cairan magma,baik di dalam maupun di atas permukaan bumi,sehingga tekstur yang terbentuk sangat bergantung pada kondisi pembekuannya.magma panas yang bergerak dari dalam bumi ke permukaan,makin lama makin dingin dan akhirnya membeku membentuk batuan beku.batuan beku mempunyai ciri homogen dan kompak, tidak ada perlapisan dan pada umumnya tidak mengandung fosil. Batuan beku dapat di bedakan berdasarkan tempat pembekuannya. Berdasarkan tempat pembekuannya batuan beku dapat dibedakan menjadi batuan beku dalam, batuan beku korok, dan batuan beku luar.


b. batuan sedimen


batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk karena adanya proses sedimentasi(pengendapan). Proses terbentuknya batuan sedimen disebut diagenesis. Butir-butir batuan sedimen berasal dari berbagai macam batuan melalui proses pelapukan, baik pelapukan oleh angin maupun air. Butir-butir hasil pelapukan mengendap secara berlapis yang makin lama makin tebal berbentuk padat. Adanya tekanan atau beban yang terlalu berat inilah yang menyebabkan batuan berbentuk padat. Tekanan yang terlalu lama membentuk agregat batuan yang padat. Karena pemadatan dan sedimentasi inilah berbagai endapan berangsur-angsur berubah menjadi batuan sedimen.


c. batuan metamorf


batuan metamorf adalah batuan yang telah mengalami perubahan baik secara fisik maupun secara kimiawi, sehingga menjadi berbeda dengan batuan induknya. Proses perubahan batuan metamorf dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain suhu yang tinggi, tekanan yang kuat, dan waktu yang lama. Batuan metamorf terdiri dari tiga jenis, yaitu batuan metamorf kotak, batuan metamorf dynamo, dan batuan metamorf pneumatolitis kotak.

No comments:

Post a Comment